Sabun Kewanitaan: Cara Memilih, Syarat, Kandungan, dan Cara Memakainya

Sebagai seorang wanita, menjaga kebersihan dan juga kesehatan vagina adalah salah satu kewajiban. Ya, kebersihan vagina sangat berpengaruh pada organ reproduksi secara keseluruhan. Untuk menjadi kebersihan dan kesehatannya banyak orang memilih menggunakan sabun kewanitaan.

Cara Memilih Produk Sabun Kewanitaan yang Baik dan Benar

Sabun Kewanitaan

Tidak semua produk sabun Miss V ini baik dan aman untuk digunakan. Kamu harus benar-benar memilih produk yang tepat yaitu sebagai berikut:

1. Cek Dahulu Komposisinya

Pertama, cek terlebih dahulu komposisi dari pembersih kewanitaan yang akan Kamu gunakan. Lihatlah komposisinya dan pastikan tidak ada bahan-bahan yang berbahaya di sana.

Bahan-bahan bahaya ini antara lain adalah pewangi, alkohol, dan lain sebagainya. Sebaiknya Kamu memilih produk yang menggunakan bahan-bahan alami. Kamu tak boleh lengah karena bisa berakibat fatal untuk kesehatan vagina.

2. Cek Tanggal Kadaluwarsanya

Cara kedua adalah cek tanggal kadaluwarsanya. Pastikan bahwa produk yang akan Kamu beli masih lama tanggal kadaluwarsanya.

Tak hanya itu saja, kualitas produk juga bisa berkurang sebelum tanggal kadaluwarsa apabila kemasannya rusak. Jadi, Kamu juga harus mengecek bahwa kemasan sabun kewanitaan juga dalam keadaan baik tanpa adanya kerusakan sedikit pun.

3. Pastikan Aman

Berikutnya, pastikan produk yang Kamu pilih telah jelas-jelas aman yang dibuktikan dengan beberapa izin edar. Jika di Indonesia yang paling pokok adalah izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Selain itu, ada juga lembaga lainnya yaitu Majelis Ulama Indonesia atau MUI. Lembaga ini akan mengetes kehalalan dari produk. Pastikan produk yang Kamu pilih sudah terdaftar BPOM dan halal ya…

4. Pastikan Mereknya Tidak Abal-abal

Terakhir, pilihlah produk dengan merek atau brand yang ternama dan tidak abal-abal. Salah satunya adalah Andalan Feminine Care yang memiliki kandungan dan telah teruji dengan baik.

Andalan adalah brand yang terkenal dengan produk alat kontrasepsinya. Bahkan produknya telah dipercaya banyak fasilitas kesehatan seperti klinik, Puskesmas, hingga Rumah Sakit besar.

Syarat Sabun yang Digunakan untuk Merawat Vagina

Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa sabun kewanitaan yang digunakan untuk vagina harus memenuhi banyak persyaratan. Hal ini tentu untuk kebaikan Anda sendiri, dan inilah syarat-syaratnya:

1. Teruji Secara Ginekologis

Pertama, pastikan produk yang Kamu beli telah teruji secara ginekologis. Ginekologi sendiri adalah salah satu cabang ilmu yang mempelajari berbagai organ reproduksi wanita.

Artinya, produk ini telah diuji oleh para ginekolog yang profesional dan memastikannya gar tetap aman digunakan. Ya, pengujian ini dilakukan dengan baik dan benar untuk kesehatan wanita yang menggunakannya.

2. Teruji Klinis

Selain teruji secara ginekologis, pastikan jika produk yang Kamu pilih juga telah teruji secara klinis. Lolos uji klinis maksudnya adalah produk tersebut telah melewati berbagai tes.

Tes tersebut berdasarkan pada ilmu medis yang menghasilkan data-data. Data inilah yang akan menjadi dasar keamanan produk sabun untuk organ kewanitaan ini.

3. Teruji dan Dipastikan Hipoalergi

Apakah Kamu sering mendengar mengenai produk pencuci vagina yang ternyata menyebabkan alergi? Ya, ada banyak sekali wanita yang mengalami berbagai masalah seperti vaginitis karena alergi pada sabun pembasuh Miss V ini.

Namun, jika Kamu memilih produk yang telah teruji hipoalergi maka risiko alergi bisa dikurangi. Produk yang hipoalergi mengandung berbagai zat yang sangat ramah pada jaringan vagina.

4. Teruji Secara Dermatologis

Selanjutnya Kamu juga harus memilih produk yang telah teruji secara dermatologis. Artinya produk ini telah diuji oleh para ahli kulit atau dermatolog.

Ya, sabun kewanitaan tentunya akan mengenai kulit di bagian vagina bukan? Jika tidak dites dengan baik maka bisa jadi menyebabkan iritasi atau bahkan infeksi.

Rekomendasi Kandungan yang Baik dalam Sabun Miss V

Selain syarat di atas, ada rekomendasi kandungan yang cukup baik digunakan di dalam sabun kewanitaan. Ada beberapa kandungan yang bisa Kamu cek di bagian komposisi yaitu sebagai berikut:

1. Prebiotik

Kandungan pertama yang baik digunakan untuk sabun kewanitaan ini adalah prebiotik. Perlu diketahui bahwa pada vagina ada banyak sekali bakteri baik yang hidup. Mereka hidup berdampingan dengan vagina yang sifatnya asam.

Sabun yang umumnya bersifat basa bisa mengganggu keasaman dan tak jarang membunuh para bakteri tersebut. Prebiotik dipercaya dapat menjaga flora normal di dalam vagina sehingga tetap sehat.

2. Ekstrak Sirih

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah tak asing lagi dengan khasiat ekstrak sirih untuk menjaga kesehatan vagina. Dahulu masyarakat menggunakan rebusan daun sirih untuk membasuh vagina.

Sirih sangat berguna untuk membasmi berbagai bakteri, parasit, dan jamur yang ada di vagina. Di mana berbagai mikroorganisme ini sangat berbahaya jika dibiarkan secara terus menerus.

3. White Lily

Bunga lili putih atau White Lily juga bisa Kamu pertimbangkan karena memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit vagina. Ya, gesekan antara vagina dan celana, dengan pembalut, atau dengan paha sering membuatnya menghitam.

Pilihlah produk dengan kandungan lili putih ini sehingga bisa mencerahkan bagian-bagian yang menghitam.

4. Manjakani

Selain sirih, masyarakat juga sangat percaya dengan manjakani untuk mengencangkan area kewanitaan. Buah manjakani juga dipercaya bisa mengencangkan otot vagina sehingga lebih kencang walaupun telah melahirkan.

Manjakani juga memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga berguna untuk menghalau radikal bebas. Ya, walaupun letaknya di dalam, namun antioksidan juga penting untuk kesehatan vagina Kamu.

Semua kandungan di atas ada di dalam produk Andalan Feminine Care yang sudah terbukti aman dipakai para wanita untuk kebersihan Miss V. Produk-produk dari Andalan Feminine Care ini mempunyai kandungan yang dapat menjaga keseimbangan pada kadar pH alami.

Kandungan Andalan Feminine Care juga terbuat dari bahan alami dan kandungan prebiotik. Terlebih lagi Andalan Feminine Care juga diperkaya ekstrak susu yang berguna untuk memperbaiki, melembabkan serta mencegah kulit kering. Tidak perlu ragu mengenai keamanannya, karena Andalan Feminine Care sudah teruji secara klinis, dermatologis ginekologis dan hypoallergenic.

Varian Pembersih Vagina Terbaik dari Andalan Feminine Care

Kamu perlu tahu bahwa Andalan Feminine Care telah mengeluarkan empat jenis pembersih vagina dan 1 varian wipes yang aman, yang dapat kamu pilih sebagai berikut:

Andalan Fresh Intimate Wash

Produk ini memiliki fungsi untuk perlindungan alami serta memberi kesegaran sepanjang hari. Selain itu juga dilengkapi dengan kandungan sirih di dalamnya sebagai antibakteri alami sehingga aman dipakai setiap hari sebagai sabun kewanitaan.

Andalan Revitalize Intimate Wash

Produk ini memiliki fungsi dapat mengencangkan serta meremajakan organ vagina. Di dalamnya terdapat kandungan manjakani berfungsi untuk menjaga elastisitas pada organ kewanitaan. Produk satu ini sangat cocok dipakai para wanita sebagai sabun kewanitaan yang sudah memiliki pasangan agar semakin harmonis.

Andalan Natural White Intimate Wash

Produk ini memiliki fungsi dapat mencerahkan serta mengembalikan warna alami pada organ vagina. Di dalamnya terkandung bahan alami seperti ekstrak white lily yang bisa mencerahkan kulit pada area intim wanita.

Andalan Fresh Intimate Wipes

Produk ini memiliki fungsi praktis, mampu membersihkan dan menjaga area kewanitaan dengan lembut. Memberikan kesegaran dan kenyamanan dengan kandungan sirih, lactid acid dan lactoserum, chamomile, aloe vera dan peppermint.

Akhir Kata

Itulah beberapa hal yang perlu Kamu ketahui mengenai sabun kewanitaan. Dengan penjelasan di atas maka Kamu bisa memilih dan menggunakan sabun kewanitaan yang tepat. Semoga Kamu selalu sehat dan tetap ceria setiap hari.