Pentingnya Tetap Bersih dengan Cara yang Praktis

Kita perlu menjaga organ kewanitaan tetap bersih agar selalu sehat. Namun, pembicaraan tentang bagaimana cara merawat organ kewanitaan hingga kini seperti dianggap tabu.

Hal tersebut bukan saja terjadi di Indonesia yang agak tertutup dalam membahas isu-isu berkaitan dengan organ reproduksi serta masalah-masalah seksual dan seksualitas. Problem serupa juga bahkan terjadi di negara-negara maju.

Masalah tersebut membuat perempuan kadang salah kaprah dalam usahanya menjaga dan merawat kesehatan organ kewanitaannya. Akibat dari kesalahan ini dalam jangka panjang bisa saja fatal.

Tidak perlu berlebihan
Ketika merawat organ kewanitaan, satu hal yang perlu dipahami adalah vagina merupakan organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Maka, jangan berlebihan dalam membersihkan organ kewanitaan Anda yang justru dapat mengganggu keseimbangan flora di sana. Keseimbangan flora yang terganggu dapat membuat vagina terserang bakteri dan jamur.

Apakah itu berarti kita sama sekali tidak perlu membersihkan organ kewanitaan? Oh tentu tidak. Kita tetap perlu menjaga kebersihan area luar organ kewanitaan. Bersihkan menggunakan air hangat dan sabun lembut yang tidak mengandung pewangi dan bahan kimia berbahaya.

Setelah itu keringkan dengan menepuk-nepuk lembut dengan handuk bersih sehingga area sekitar vagina tidak lembab. Membiarkan area tersebut lembab dapat menyebabkan terjadinya infeksi bakteri dan jamur.

Dalam kondisi tertentu Anda juga perlu membersihkan area vagina lebih sering. Misalnya ketika sedang menstruasi. Pastikan Anda mengganti pembalut setidaknya setiap 4-5 jam sekali. Ketika mengganti pembalut, pastikan Anda membersikan area kewanitaan Anda dan mengeringkannya dengan saksama.

Bersih dengan cara praktis
Masalahnya, sering kali kita tidak dalam situasi yang memungkinkan untuk membersihkan area vagina dengan teliti dengan air dan sabun. Misalnya, ketika sedang travelling atau berada di tempat umum yang tidak tersedia toilet yang bersih.

Untuk itu, kita perlu mencari cara yang praktis namun tetap bisa menjaga kebersihan organ kewanitaan dengan baik. Salah satu yang bisa digunakan sebagai alternatif adalah tisu basah.

Namun, pastikan Anda menggunakan tisu basah khusus untuk membersihkan organ kewanitaan yang tidak mengandung alkohol, pewangi, dan bahan kimia berbahaya lain yang mungkin dapat menyebabkan iritasi. Pastikan juga pH tisu basah tersebut seimbang sehingga tidak mengganggu keseimbangan flora di vagina Anda.

Salah satu tisu basah yang bisa menjadi alternatif Anda membersihkan area kewanitaan secara praktis adalah Andalan Fresh Intimate Wipes. Tisu basah ini berbahan lembut dengan tekstur berpori yang dapat membersihkan lebih efektif.

Produk ini juga mengandung Lactic Acid dan Lactoserum untuk menjaga keseimbangan pH serta ekstrak sirih yang merupakan antibakterial alami untuk mencegah keputihan. Aloe vera dan chamomile yang ada di dalamnya juga berfungsi untuk mencegah terjadinya iritasi.