Nyeri Saat Haid? Hindari 5 Hal Ini Saat Menstruasi

Lebih dari separuh wanita yang sedang menstruasi mengalami nyeri haid selama satu hingga tiga hari setiap bulan. Nyeri haid biasanya dikenal dengan sebutan kram menstruasi. Kram ini terjadi saat rahim berkontraksi untuk melepaskan lapisan rahim, yang membuat nyeri di perut, punggung bawah, selangkangan dan paha atas. Penyebab nyeri menstruasi (dismenore) bisa penyakit tertentu, seperti endometriosis, atau tidak berkaitan dengan penyakit sama sekali.

Selain rasa nyeri yang tidak nyaman, wanita juga kerap kali mengalami mual, muntah dan sakit kepala, hingga diare pada saat menstruasi. Tidak ingin rasa menyakitkan tersebut terus menerus ada di tubuh Anda, kan? Yuk, hindari 5 hal ini saat Anda menstruasi.

Makanan dan Minuman yang mengandung kafein

Pada saat sedang menstruasi, hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein. Pada saat menstruasi dan Anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein justru membuat nyeri haid bertambah parah. Hal ini dikarenakan kafein membuat pembuluh darah menyempit, dan berakibat aliran darah rahim semakin sedikit dan membuat nyeri semakin parah.

Pilih makanan yang baik dikonsumsi saat haid, seperti ayam dan sayuran hijau yang kaya akan zat besi, ikan dan kacang-kacangan yang dikenal memiliki kandungan omega-3 yang dapat mengurangi intensitas nyeri haid. Serta lebih banyak minum air putih.

Waxing

Waxing, atau cabut bulu adalah yang perlu kamu hindari pada saat sedang menstruasi. Penurunan kadar estrogen dan progesteron, membuat tubuh Anda semakin sensitif akan rasa sakit. Tidak ingin kan, rasa nyeri bertambah akibat keram perut dan waxing?

Hindari konsumsi susu

Selama menstruasi, ada baiknya menghindari mengonsumsi susu, maupun produk yang berbahan susu. Produk olahan dari susu dapat menyebabkan kram perut pada saat menstruasi. Asam arakidonat pada lemak susu sapi bisa memicu nyeri pada perut. Ganti saja dengan susu almond atau susu kedelai.

Melakukan Hubungan Intim

Selama sedang menstruasi sebaiknya menghindari aktivitas berhubungan intim, memiliki sederet risiko yang patut diwaspadai, seperti terkena penyakit menular seksual karena terbukanya serviks selama haid dan terbukanya serviks selama haid dapat mempermudah penularan infeksi.

Dan jangan lupa, pastikan area intim Anda jauh dari produk pembersih kewanitaan yang mengandung pewangi maupun bahan kimia berbahaya, seperti paraben, formaldehyde dan phthalates. Anda dapat mengandalkan Andalan Feminine Care, karena aman tanpa bahan kimia.

Produk ini dilengkapi bahan aktif alami yang mampu membantu menjaga keseimbangan level pH para area intim Anda. Kandungan prebiotik pada Andalan Feminine Care memastikan produk ini lembut dan siap menjaga kesehatan vagina.

Olahraga berat

Olahraga berat seperti latihan beban dan kardio dapat membuat nyeri haid Anda bertambah parah. Namun agar tubuh tetap bugar, sebaiknya kita menjalani rutinitas olahraga. Berikut ini olahraga yang disarankan pada saat nyeri menstruasi :
– Yoga
Olahraga ini dapat mengurangi nyeri pada perut, payudara otot dan sendi serta membuat tubuh lebih rileks. Namun, tidak semua postur yoga baik dilakukan, khususnya saat darah haid sedang banyak, misalnya headstand dapat menekan, menghentikan dan menyumbat aliran darah di rahim.

-Jalan kaki
Bagi Anda yang tengah nyeri saat menstruasi, olahraga ini dapat menjadi pilihan. Lakukanlah paling tidak selama 30 menit tanpa henti.

-Pilates
Sama seperti yoga, pilates termasuk olahraga yang dapat membuat tubuh menjadi rileks. Lebih hebat lagi, pilatis dapat membuat otot-otot dasar panggul bergerak sehingga mengurangi nyeri menstruasi.