Menjaga Kesehatan Miss V Saat Liburan, Mudah Saja. Begini Caranya.

Miss V

Saat liburan adalah momem-momen terbaik bersama keluarga atau pasangan. Bagi para wanita, saat liburan seringkali butuh usaha lebih dalam menjaga kebersihan badan, terutama area Miss V atau vagina. 

Ketersediaan toilet bersih atau kelelahan fisik dapat mempengaruhi kondisi keseimbangan bakteri baik dan jahat di vagina dan bukan tidak mungkin dapat menimbulkan infeksi jamur atau keputihan jika tidak dijaga kebersihannya. Agar liburan Anda tetap aman, berikut ini 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga area kewanitaan:   

  1. Ganti Celana Dalam Minimal 2 Kali Sehari

Ketika akan liburan, Anda tentu sudah memiliki rencana akan berlibur berapa hari, dari sini Anda perlu menyiapkan jumlah celana dalam yang harus Anda bawa. Gantilah celana dalam Anda minimal 2 kali sehari saat mandi, dan bila dirasa perlu gantilah celana dalam saat area Miss V Anda terasa lembab. Gunakan celana dalam berbahan lembut dan dapat menyerap keringat, misalnya bahan katun. Jika sampai kehabisan celana dalam, Anda bisa menyiapkan celana dalam disposable yang bisa dibeli di minimarket. Penting menjaga vagina Anda tetap kering, karena saat liburan, Anda pasti akan beraktivitas lebih banyak dari biasanya, sehingga akan meningkatkan produksi keringat. Area vagina yang lembab membuat bakteri dan jamur berkembang biak sehingga menyebabkan keputihan. 

  1. Membersihkan Miss V Secara Benar

Basuh area Miss V dengan air bersih atau bisa juga menggunakan pembersih area kewanitaan yang aman, terutama setelah buang air kecil dan besar. Bersihkan mulai dari area depan ke belakang. Anda juga bisa membersihkan menggunakan pembersih area kewanitaan, Andalan Feminine Care. Andalan mengandung pebiotik yang menjaga keseimbangan pH (tingkat keasaman) di area miss V. Kadar pH normal adalah 3,5-4,2. Andalan Intimate Wash terdiri dari 3 varian yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan: Andalan Intimate Fresh (proteksi dan kesegaran sepanjang hari), Andalan Revitalize Intimate Wash (mengencangkan dan meremajakan area miss V), dan Andalan Natural White Intimate Wash (mencerahkan dan mengembalikan warna alami miss V). Sebaiknya, hindari juga pemakaian pembersih yang disemprotkan ke vagina yang dapat menyebabkan iritasi pada vagina.

  1. Jaga Kebersihan saat Menggunakan Toilet Umum 

Sebaiknya Anda selalu bawa tisu, tisu basah, atau cairan antiseptik saat menggunakan toilet umum. Anda tidak tahu kondisi toilet umum seperti apa. Sebelum menggunakan toilet umum, bersihkan dahulu dudukan toilet dengan tisu atau cairan antiseptik baru digunakan. Jangan lupa menyentuh tombol flush dan pegangan pintu menggunakan tisu kering. Ini menghindari masuknya virus melalui kontak langsung dengan tangan. Terakhir, jangan lupa untuk selalu cuci tangan dengan sabun di wastafel. Jika tidak ada sabun, jangan lupa untuk hand sanitizer sebagai pengganti sabun. Jika memungkinkan bandingkan beberapa toilet umum terlebih dulu, dan pilihlah yang paling bersih. 

  1. Hubungan seksual yang Aman

Momen liburan dapat Anda gunakan untuk bersantai sekaligus membangun intimacy dengan pasangan. Saat berhubungan seksual dengan pasangan sebaiknya tetap gunakan kondom untuk menghindari penularan penyakit seksual. Hindari pula gonta-ganti pasangan untuk gaya hidup yang lebih sehat.

  1. Hindari Mencukur Rambut Vagina

Keberadaan rambut vagina sebenarnya berfungsi untuk melindung Miss V dari infeksi bakteri akibat keringat atau gesekan celana dalam. Jika Anda merasa rambut vagina terlalu banyak dan mengganggu Anda bisa menggunting atau mencukurnya sedikit tanpa perlu mencukur habis bulu vagina.