Keputihan Berwarna Kuning? Ini Penyebabnya

keputihan

Apakah Anda pernah panik karena mengalami keputihan berwarna kuning? Anda mungkin akan langsung panik dan berpikir yang tidak-tidak. Meski umumnya memang menandakan ada masalah, namun tidak semua keputihan berwarna kuning itu berarti berbahaya. Agar tidak panik, mari kenali apa penyebab keputihan berwarna kuning. Ini dia penyebabnya!

Tanda dinding rahim mulai luruh menjelang menstruasi
Bila keputihan berwarna kuning namun konsistensinya cair dan warnanya kuning pucat tanpa disertai rasa gatal dan bau menyengat, hal tersebut umumnya tergolong normal, apalagi bila terjadi menjelang atau persis setelah menstruasi.

Menjelang menstruasi, biasanya dinding rahim mulai meluruh. Keputihan berwarna kuning yang Anda temui biasanya adalah cairan yang bercampur dengan sedikit darah. Di akhir masa menstruasi, Anda juga mungkin akan menemukan kembali keputihan berwarna kuning. Hal ini adalah sisa darah menstruasi yang sedang dikeluarkan dari rahim Anda.

Di masa ini jagalah kebersihan Miss V Anda dengan sabun lembut yang mengandung kadar pH seimbang dan terdiri dari bahan-bahan alami. Andalan Intimate Wash mengandung bahan alami, seperti susu, sirih, aloe vera, dan chamomile yang telah teruji secara klinis.

Kandungan ekstrak sirih akan melindungi Anda dari infeksi bakteri, sementara aloe vera dan chamomile di dalamnya akan menjaga area di sekitar Miss V tetap lembab. Sedangkan ekstrak susu dapat melembutkan area sekitar vagina. Dengan begitu Anda akan selalu merasa nyaman di hari-hari berat.

Infeksi jamur
Keputihan berwarna kuning bisa juga disebabkan oleh infeksi jamur yang biasanya dikenal dengan nama candidiasis. Hal ini biasanya terjadi karena kadar keasaman, kelembaban, dan jumlah bakteri baik di vagina terganggu keseimbangannya.

Gejala candidiasis yang umumnya dirasakan adalah rasa gatal dan iritasi di sekitar Miss V. Wilayah sekitar vagina juga terasa perih, bengkak, dan berwarna kemerahan. Selain itu, ada sensasi rasa terbakar ketika buang air kecil. Keputihan juga tidak hanya berwarna kuning, tapi juga bergumpal seperti keju cottage. Bila Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter ya.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sangat penting untuk menjaga kebersihan wilayah sekitar vagina. Namun, jangan sembarang membersihkannya. Pilih sabun yang mengandung pH seimbang dan mengandung prebiotik.

Prebiotik ini akan membantu menjaga keseimbangan tingkat keasaman, kelembaban, dan jumlah flora di vagina kita. Kondisi seimbang yang tercipta tersebut akan menjauhkan kita dari beragam infeksi.

Salah satu cairan pembersih yang mengandung prebiotik adalah Andalan Intimate Wash. Sistem prebiotik ini terdiri dari lactic acid, sodium lactate, dan salicylic acid yang bekerja bersama menjaga keseimbangan ekosistem vagina Anda.

Trichomoniasis
Selain infeksi jamur, keputihan berwarna kuning juga bisa disebabkan oleh Trichomoniasis. Gejala yang timbul biasanya berupa keputihan berwarna kuning atau hijau dan disertai dengan bau menyengat. Anda juga mungkin sering merasakan sensasi ingin buang air kecil serta rasa sakit ketika berhubungan seks.

Trichonomiasis adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual. Kalau Anda mengalami ini segera periksakan ke dokter dan informasikan pada partner Anda ya. Biasanya dokter Anda akan meresepkan antibiotik.

Semoga setelah ini Anda menjadi lebih tahu dan tidak panik lagi ya. (Sekar Ayu)