Kebersihan Organ Kewanitaan: Semakin Sederhana, Semakin Baik

Organ kewanitaan Anda adalah organ yang cerdas. Tidak perlu cara rumit merawatnya. Vagina Anda justru menyukai cara yang sederhana.

Ketika perempuan beranjak dewasa, kepedulian terhadap kebersihan organ kewanitaan kian bertambah. Berbagai kekhawatiran seputar kebersihan area organ intim juga ikut meningkat. Akibatnya banyak perempuan melakukan berbagai hal untuk merawat organ kewanitaan. Padahal itu justru berbahaya lho. Jadi bagaimana seharusnya kita merawat kebersihan organ kewanitaan?

Sebagai permulaan, Anda perlu tahu bahwa vagina adalah organ yang mampu membersihkan dirinya sendiri. Banyak orang mengibaratkan vagina sebagai self-cleaning oven. Organ ini akan menjaga tingkat keasaman alaminya di kisaran 3,5 hingga 4,5.
Flora alami yang terdiri dari bakteri baik dari kelompok Lactobacillus yang akan memproduksi lactic acid yang bertugas menjaga tingkat keasaman alami tersebut. Kondisi inilah yang menjaga agar vagina tetap sehat dan mencegah masuknya berbagai bakteri jahat yang dapat menyebabkan infeksi.

 

Selain itu, vagina juga memproduksi cairan yang tugasnya sebagai pelumas alami. Cairan ini umumnya diproduksi sebanyak satu hingga empat mililiter dalam 24 jam. Bau yang keluar dari cairan ini bisa berbeda pada setiap perempuan tergantung pada jumlah kelenjar minyak yang dimiliki oleh setiap orang.

Namun, lain ceritanya bila Anda membersihkan vagina secara berlebihan, seperti menyemprotnya secara berulang dengan cairan pembersih vagina yang mengandung pewangi, menguapinya, atau bahkan menaburinya dengan bedak. Hal-hal tersebut dapat
mengganggu keseimbangan jumlah bakteri baik yang ada dalam organ kewanitaan.

Wanita justru perlu menjauhi produk sabun yang mengandung pewangi maupun gel karena hal tersebut justru dapat mengganggu keseimbangan jumlah bakteri dan tingkat keasaman vagina.

Jadi, bagaimana seharusnya kita menjaga dan membersihkan organ kewanitaan? Lakukan dengan cara yang paling sederhana. Semakin sederhana, semakin baik. Para ahli menyarankan membersihkan bagian luar vagina sesederhana dengan membersihkannya dengan air dan sabun lembut yang tidak mengandung pewangi. Setelah itu, mengeringkannya dengan menepuk-nepuk lembut dengan handuk. Ingat, menepuk bukan menggosoknya ya. Sederhana namun efektif dan aman.

Dan untuk menjaga keseimbangan level PH dan bakteri baik di area V, Andalan Feminine Care adalah pilihan terbaik. Produk ini juga akan melindungi area V secara maksimal dengan milk extract, chamomile dan aloe vera agar Anda segar sepanjang hari dan bebas iritasi dan rasa gatal.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp