Jangan Sepelekan 5 Hal Ini Dalam Merawat Kesehatan Organ Kewanitaan

Menjaga kesehatan organ kewanitaan sebenarnya tidak rumit. Yang perlu Anda tahu, ada sejumlah faktor, baik internal maupun eksternal yang bisa mempengaruhi kesehatan Miss V Anda.

Beberapa hal sering diabaikan karena dianggap hal sepele atau malah karena banyak perempuan tidak tahu hal tersebut bisa mempengaruhi kesehatan reproduksi mereka. Apa saja hal-hal yang sering disepelekan oleh kaum wanita padahal mempengaruhi kesahatan Miss V? Ini dia beberapa hal tersebut:

Stres
Ketika Anda stres, hormon kortisol akan dilepaskan tubuh. Hormon ini bisa mengacaukan hormon-hormon di tubuh Anda yang lain, termasuk mengganggu sistem reproduksi.

Ketidakseimbangan hormon akibat hormon kortisol bisa menyebabkan keputihan. Bukan itu saja, stres juga bisa menurunkan daya tahan tubuh yang membuat tubuh Anda rentan terinfeksi bakteri dan jamur, termasuk di area V.

Pakaian dalam ketat
Tentu sesekali perempuan ingin mengenakan pakaian dalam yang seksi. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering ya. Karena pakaian dalam yang terbuat dari bahan sintetis dan terlalu ketat justru dapat menyebabkan iritasi. Bila Anda gemar mengenakan thong, sebaiknya juga dipikirkan kembali. Thong bisa membuat Anda terpapar kuman yang berasal dari anus.

Kopi
Konsumsi kafein yang terlalu tinggi bisa menyebabkan perubahan aroma pada vagina Anda. Bukan hanya itu, konsumsi kopi yang berlebihan juga bisa membuat Anda rentan terinfeksi jamur. Hal ini karena kadar kafein yang tinggi dalam tubuh bisa menghambat penyerapan vitamin dan mineral yang Anda butuhkan untuk menangkal beberapa jenis infeksi. Karena itu, ada baiknya Anda membatasi asupan kopi ya.

Bercukur
Rambut di sekitar Miss V berfungsi untuk melindungi organ kewanitaan Anda dari paparan langsung kuman dan bakteri. Mencukur rambut di sekitar Miss V dapat membuat vagina rentan terinfeksi kuman.

Di samping itu, hal tersebut juga bisa membuat area di daerah kewanitaan Anda teriritasi. Sebaiknya jangan mencukurnya, lakukan saja trim. Hal ini dapat mengurangi risiko kulit teriritasi. 

Bubble bath
Berendam di air hangat dengan sabun yang wangi bisa menjadi menjadi salah satu cara melepaskan stres setelah seharian beraktivitas. Hanya saja, ternyata hal tersebut tidak terlalu baik untuk Miss V Anda. Berendam di air sabun dapat mengganggu keseimbangan pH di organ kewanitaan Anda. Di samping itu, pewangi dalam sabun juga bisa menimbulkan reaksi alergi di area sekitar Miss V.

Sebaiknya merawat organ kewanitaan hanya dengan air dan sabun lembut dengan pH seimbang seperti Andalan Intimate Wash. Sabun khusus untuk area kewanitaan ini menggunakan formula prebiotik yang terdiri dari lactic acid, sodium lactate, dan salicylic acid yang bekerja bersama untuk menjaga tingkat keasaman vagina. Dengan begitu jumlah flora baik di sekitar vagina akan terjaga. Andalan Feminine Care tersedia dalam 3 varian yaitu Fresh, Revitalize dan Natural White yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp