Ini Cara Menghilangkan Keputihan yang Aman

Keputihan merupakan salah satu masalah yang paling sering dihadapi perempuan. Masalah ini juga yang biasanya membuat perempuan pusing dan resah. Berikut ini beberapa cara mengatasi keputihan yang harus Anda tahu.

Keputihan tidak selalu mengindikasikan sebuah penyakit berbahaya pada organ reproduksi Anda. Malah, hal ini sebetulnya sebuah hal yang normal dialami oleh wanita, pada batas-batas tertentu. Pertanyaannya, keputihan seperti apa yang masih dalam kategori normal?

Keputihan yang masih dalam kategori normal umumnya mempunyai ciri-ciri antara lain cairan berwarna bening, tidak berbau menyengat, serta tidak diikuti dengan rasa gatal pada organ kewanitaan. Kalau ini yang Anda alami, sepertinya tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena hal tersebut merupakan reaksi normal tubuh untuk menjaga keseimbangan flora dalam organ kewanitaan.

Namun, bila keputihan yang Anda alami tergolong abnormal, sebaiknya Anda memang segera mengobatinya. Keputihan yang tergolong abnormal umumnya berwarna putih pekat, kuning, kecoklatan, atau malah abu-abu, berbau menyengat, disertai rasa gatal dan bengkak di sekitar Miss V. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari infeksi jamur, virus, atau bakteri.

Bila keputihan yang Anda alami masih dalam kategori normal, sebenarnya kita tidak perlu melakukan apapun selain menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan, antara lain dengan:

  1. Rajin mengganti celana dalam, minimal dua kali sehari dan hanya gunakan pakaian dalam yang berbahan katun lembut yang dapat menyerap keringat dengan baik.
  2. Basuh organ kewanitaan Anda dengan air bersih setiap kali buang air. Gunakan sabun lembut untuk membersihkannya. Pastikan untuk mengeringkan area kewanitaan dengan benar, supaya tidak lembab.
  3. Jangan pernah menyemprot bagian dalam Miss V Anda dengan cairan pembersih vagina, karena hal tersebut justru bisa membuat keputihan Anda menjadi lebih buruk. Ingat, hanya dokter spesialis yang boleh membersihkan Miss V bagian dalam.
  4. Bersihkan organ kewanitaan dengan pembersih yang lembut dengan produk yang mengandung pH seimbang, seperti Andalan Feminine Care. Formula alami dalam Andalan Feminine Care sangat baik untuk kesehatan area intim Anda.

Telah teruji secara klinis, Andalan Feminine Care diperkuat konsep probiotik yang memastikan area intim Anda bebas gangguan. Kombinasi Lactic Acid, Sodium lactate dan Salicylic Acid akan memastikan tingkat keasaman dan pH Miss V selalu terjaga baik untuk kenyamanan Anda.

Namun, bila yang Anda alami adalah keputihan yang tidak normal, hal yang bisa Anda lakukan antara lain:

  1. Berkonsultasi dengan dokter spesialis.  Jangan menunda untuk konsultasi dengan dokter, karena semakin lama menunda, masalah Anda akan semakin lama ditangani. Sebelum keadaan semakin parah, segera lah berkonsultasi dengan dokter. Tidak perlu malu.
  2. Menggunakan resep herbal dengan dosis yang tepat. Penelitian medis telah menemukan bahwa daun sirih mengandung zat yang dapat mengatasi infeksi, menghentikan pendarahan, dan membunuh mikro organisme. Dengan dosis yang tepat daun sirih memang bisa membantu membunuh kuman penyebab keputihan.

Namun menjamin higienitas saat merebus daun sirih sering terlewat, dan hal ini yang sering membahayakan kebersihan dan kesehatan Miss V. Untuk cara yang lebih praktis dan pasti aman, gunakan sabun pembersih kewanitaan yang sudah di formulasi khusus dengan kandungan sirih, seperti Andalan Feminine Care, varian Andalan Fresh Intimate Wash yang mengandung anti bakteri alami serta memberikan proteksi maksimal.

Nah, kini Anda semakin cerdas dalam mengatasi masalah keputihan, kan? Jangan lupa pakai Andalan Feminine Care, agar Miss V tetap segar dan nyaman sepanjang hari.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp