Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Organ Intim

Bagi kaum hawa, menjaga kebersihan vagina merupakan hal yang sangat penting. Sebab vagina merupakan organ vital yang berhubungan langsung dengan leher rahim dan rahim, sehingga harus dirawat dan dibersihkan dengan aman dan tepat.
Sayangnya banyak perempuan yang abai dalam menjaga kebersihan organ intim ini. Akibatnya, muncul beberapa gejala yang membuat tidak nyaman seperti gatal, iritasi, atau keputihan. Untuk meminimalisir gejala-gejala tersebut, organ intim wanita harus dibersihkan dengan tepat dan benar.

Namun sayang masih banyak perempuan yang belum mengerti bagaimana cara tepat saat membersihkan organ intim. Berikut adalah hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan saat membersihkan organ intim:

Membersihkan vagina setelah dari toilet

Setiap Anda selesai buang air besar atau kecil, jangan lupa untuk membersihkan area organ intim dengan menggunakan air. Cara yang tepat untuk membersihkan vagina adalah dengan membasuh dengan air bersih dari arah depan ke belakang. Cara tersebut dapat menghindari masuknya bakteri dari dari anus ke vagina yang bisa menjadi awal mula dari infeksi.
Jika dalam kondisi darurat tidak ada air atau ketika sedang bepergian, Anda bisa membersihkan organ intim menggunakan tisu. Jika Anda menggunakan tisu saat membersihkan, pastikan memilih tisu yang bersih dan higienis.
Salah satu merek tisu yang bisa Anda pilih yaitu Andalan Feminine Care Fresh Intimate Wash, yang dibuat dengan kombinasi bahan alami untuk membersihkan secara maksimal. Tisu ini memiliki kandungan sirih sebagai anti bakteri alami, Lactic Acid & Lactoserum untuk menjaga keseimbangan pH, Chamomile & Aloe Vera untuk mencegah iritasi dan melembutkan, serta ekstrak peppermint sebagai antioksidan untuk memberikan sensasi rasa segar.

Hindari membersihkan vagina dengan sabun berparfum

Penggunaan sabun yang yang mengandung parfum sangat tidak dianjurkan untuk membersihkan organ intim. Ini dikarenakan sabun yang mengandung parfum dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik yang ada di organ kewanitaan. Selain itu juga bisa mempengaruhi keseimbangan pH dan menyebabkan iritasi.
Solusinya, Anda bisa memakai Andalan Fresh Intimate Wash atau varian Natural White dan Revitalize yang diformulasi khusus dengan prebiotik dan kombinasi bahan alami yang telah teruji secara klinis. Produk ini dapat membantu menjaga kebersihan, melindungi dan mencegah infeksi pada organ intim. Anda juga tidak perlu khawatir karena produk ini tidak mengandung alkohol dan paraben, serta sudah mengantongi sertifikat halal.

Menjaga kondisi vagina agar tetap kering

Setelah membersihkan vagina dengan air, jangan lupa untuk selalu mengeringkannya. Kondisi basah dan lembab pada vagina rentan menjadi sarang berkumpulnya kuman dan tumbuhnya jamur. Keringkan vagina dengan menggunakan handuk bersih atau tisu yang berbahan lembut.

Mengganti pembalut secara rutin ketika menstruasi

Ketika mengalami menstruasi, kebersihan area kewanitaan perlu perhatian lebih ekstra dari biasanya. Gantilah pembalut secara rutin setiap 3-4 jam atau ketika sudah terasa lembab atau basah. Hindari memakai pembalut sampai berjam-jam bahkan sampai seharian tanpa menggantinya. Ini karena kondisi vagina saat menstruasi rawan menjadi tempat bersarang kuman dan jamur.

Tidak mencukur rambut kemaluan secara habis

Rambut kemaluan memang sebaiknya dipotong secara rutin untuk menghindari kelembaban dan mencegah kuman bersarang. Namun sebaiknya Anda tidak mencukurnya secara habis karena rambut kemaluan memiliki fungsi mencegah masuknya dari bakteri, kotoran, gesekan, atau keringat ke dalam vagina. Para ahli merekomendasikan untuk memotong rambut kemaluan seperlunya saja agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik.


Sekian ulasan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan organ intim. Menjaga kebersihan organ kewanitaan merupakan hal penting dalam menjaga kebersihan tubuh. Sehingga Anda akan terhindar dari infeksi, rasa tidak nyaman, dan gejala penyakit lainnya. Ingat selalu untuk menggunakan produk pembersih area kewanitaan yang telah teruji klinis aman untuk kulit seperti produk-produk dari Andalan Feminine Care.