Daun Sirih dan Kesehatan Organ Reproduksi

Siapa yang tidak kenal daun sirih? Orang tua kita sejak dulu menggunakan daun ini untuk menghentikan pendarahan ketika mimisan hingga mengobati keputihan. Nah, benarkah daun sirih bisa mengobati keputihan dan apa sebenarnya manfaatnya untuk kesehatan organ reproduksi?

Daun sirih sudah lama dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Penelitian medis pun membuktikan bahwa daun sirih memang mengandung zat-zat yang efektif untuk menyembuhkan luka, menghentikan pendarahan, menyembuhkan infeksi, dan membunuh kuman.

Kandungan antiseptik ini yang membuat daun sirih banyak dimanfaatkan untuk memelihara kesehatan organ reproduksi oleh orang-orang tua zaman dulu. Air rebusan daun sirih dipercaya dapat mengobati keputihan serta membersihkan vagina sehingga Miss V terasa kesat dan wangi. Hingga kini banyak perempuan menggunakan air rebusan ini untuk membasuh organ kewanitaan.

Pertanyaannya, amankah air rebusan daun sirih untuk membersihkan organ kewanitaan? Para dokter ternyata tidak menyarankan membasuh Miss V menggunakan air rebusan daun sirih. Kenapa? Karena tanpa takaran dan dosis yang tepat, daun sirih justru bisa mengganggu keseimbangan flora di organ kewanitaan Anda.

Rusaknya keseimbangan flora justru bisa membuat vagina Anda terinfeksi bakteri dan jamur. Ujung-ujungnya justru dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti keputihan dan infeksi lainnya.

Apakah itu membuat daun sirih tidak baik bagi organ kewanitaan Anda? Tentu saja tidak. Anda hanya perlu menggunakannya sesuai dosis yang tepat. Sayangnya sulit mengukur dosis yang tepat ketika kita meraciknya sendiri.

Untuk itu sebaiknya Anda menggunakan produk yang memang telah diformulasikan khusus untuk membersihkan area kewanitaan. Saat ini ada banyak produk sabun untuk membersihkan organ kewanitaan yang formulasinya mengandung sirih.

Namun, tentunya ketika memilih produk Anda harus memperhatikan keseluruhan kandungan dan formulanya. Jangan hanya karena mengandung sirih langsung dipilih. Sabun pembersih kewanitaan yang baik harus lembut, tidak mengandung bahan kimia keras seperti alkohol dan paraben, serta yang paling penting harus mempunyai kandungan pH seimbang, yaitu antara 3,5-4,9.

Andalan Intimate Wash bisa menjadi pilihan yang pas karena formulasinya alami dan lembut. Produk ini mengandung prebiotik dan pH seimbang yang cocok untuk memelihara flora alami di area kewanitaan. Andalan Intimate Wash yang memiliki tiga varian ini juga mengandung sirih yang berfungsi sebagai anti microbial dan anti bacterial, tentunya dalam dosis yang sudah teruji aman.

Dengan Andalan Feminine Care, Anda tak perlu khawatir lagi melewati hari-hari yang sibuk sejak pagi hingga malam hari. Area kewanitaan tetap sehat sepanjang hari.

Health Info

4 Tanda Vagina Sehat, Wanita Wajib Tahu!

Ketika berbicara tentang kesehatan organ reproduksi, kebanyakan orang berbicara tentang apa yang tidak normal, bukan sebaliknya. Hal ini membuat Anda meresahkan tentang apa yang salah. Agar hati lebih tenang, coba simak tanda-tanda organ reproduksi yang sehat.

Read More »
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp