Berbuka Sehat, Berbuka Alami

Apabila kita mengadakan sensus sederhana soal makanan favorit saat berbuka sehat, pasti banyak sekali yang menjawab gorengan, makanan manis dan berbagai jenis es. Tidak bisa dipungkiri, semua makanan tersebut selain enak, juga seakan menjadi tradisi di bulan Ramadhan. Belum puas rasanya kalau tidak berbuka sehat waktu puasa dengan makanan-makanan tersebut.

Sebetulnya segala sesuatu yang dilakukan atau dikonsumsi dalam ukuran wajar, tidak berbahaya. Yang bahaya adalah kalau tiap kali berbuka, menunya selalu ada gorengan, kolak, es cendol ditambah bakso pedas.

Dari gorengan saja, kita sudah tahu beragam efek buruknya. Disarikan dari HelloSehat, efek buruk gorengan antara lain:

  1. Minyak yang dipakai menggoreng tidak selalu berkualitas bagus sehingga bisa membentuk radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh dan meningkatkan resiko sejumlah penyakit kronis seperti jantung, stroke dan kanker.
  2. Meningkatkan asupan lemak trans buatan dari lemak jenuh yang timbul saat makanan dimasak dengan suhu tinggi. Proses ini menimbulkan tingginya resiko beberapa penyakit seperti penyakit jantung, kanker endometrium dan kanker ovarium bagi kita para perempuan, diabetes mellitus tipe 2 dan kegemukan hingga obesitas.
  3. Gorengan meningkatkan asupan lemak secara drastic akibat kombinasi tepung bumbu yang digunakan dengan minyak goreng.
  4. Meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik sehingga resiko pembentukan plak pada pembuluh arteri meningkat. Akibatnya kita beresiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Namun bila kamu merasa mustahil menghindari gorengan, setidaknya lakukan beberapa upaya berikut untuk mengurangi efek buruk dari konsumsi gorengan saat berbuka sehat pada waktu puasa:

  1. Jangan gunakan minyak goreng bekas. Untuk memastikannya, kamu harus goreng sendiri makanannya di rumah.
  2. Goreng dengan suhu yang tidak sampai ke smoke point. Saat minyak goreng mengeluarkan asap dan berubah warna kecoklatan, itu tanda minyak goreng sudah rusak yang bisa merusak sel tubuh bila dikonsumsi.
  3. Goreng dengan minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun, minyak wijen atau minyak jagung dan dengan jumlah yang lebih sedikit.
  4. Upayakan ganti metode menggoreng dengan memanggang atau gunakan air fryer.
  5. Konsumsi gorengan dalam porsi kecil, maksimal 2 kali dalam satu minggu.

Berbuka Sehat yang Dianjurkan untuk Kesehatan

Berbuka Sehat

Kita semua pasti tahu bahwa ada banyak sekali jenis makanan yang baik dan sehat. Sebagai perempuan, kita harus juga mengutamakan sehat selain lezat. Jadi makanan berbuka puasa terbaik adalah makanan berbuka puasa yang alami, yang paling sederhana cara pengolahannya. Makanan-makanan ini akan masuk dalam sistem tubuh kita tanpa tambahan zat-zat additif sehingga kita akan mendapatkan manfaat penuh.

Berikut beberapa bahan makanan buka puasa yang lebih sehat dan ide variasinya yang tidak kalah enak:

  1. Air putih.
    Jangan tertawa dulu ya, air putih ini walaupun bukan makanan sungguh harus masuk dalam daftar karena manfaatnya yang luar biasa. Bayangkan saja seharian penuh sistem pencernaan kita kosong, tubuh kita dehidrasi, suhu internal tubuh kita sedikit naik karena berkurangnya kadar air, maka tidak ada yang lebih baik dari air putih untuk melumasi sistem pencernaan, menghidrasi tubuh dan menurunkan suhu dalam tubuh kita. Apapun makanan dan minuman yang sudah tersaji di meja untuk berbuka sehat, awali dahulu dengan segelas air putih.
  2. Buah-buahan segar
    Buah-buahan mudah dicerna oleh usus dan kaya akan serat dan kandungan air. Kamu bisa pilih buah apapun yang kamu suka, potong-potong ukuran dadu lalu siram dengan perasan jeruk manis.
  3. Kurma
    Kurma adalah sumber energi yang baik yang juga bisa meringankan anemia, yang biasa timbul saat berpuasa. Kandungan kurma yang lengkap, mulai dari polifenol, antioksidan, serat, potassium, energy, zat besi, gula, protein serta vitamin membuat kurma amat baik dikonsumsi saat berbuka sehat pada waktu puasa.
  4. Sayuran
    Kombinasi jenis sayuran berdaun hijau dengan dressing yang segar jadi pilihan bagus untuk berbuka sehat saat puasa. Salad sayuran bisa dibuat dengan berbagai macam variasi, buat Caesar salad sederhana di rumah dengan tambahan telur rebus yang mengandung omega 3 dan potongan roti kering sebagai penyumbang karbohidrat. Selain mudah dicerna oleh tubuh, kandungan nutrisinya juga lengkap bagi kita yang sudah berpuasa sehari penuh.
  5. Yoghurt
    Inilah makanan tinggi kalium yang penting banget untuk menjaga keseimbangan cairan serta elektrolit tubuh. Yang menyenangkan dari yoghurt adalah selain enak dikonsumsi tanpa tambahan apapun, yoghurt juga lezat dikombinasikan dengan berbagai bahan makanan lain. Kombinasikan dengan buah untuk jadi salad buah masa kini atau dengan daun selada untuk jadi salad sayuran. Coba juga yoghurt dengan sedikit madu. Perlu tekstur? Taburkan granola. Mudah, sehat dan super variatif.

Dari uraian di atas, jelas bahwa yang alami lebih baik dan lebih bagus efeknya bagi tubuh. Demikian juga dengan pembersih area Miss V favorit, Andalan Feminine Care. Semua varian Andalan Feminine Care dibuat dari bahan-bahan alami bahkan bungkusnya pun bisa didaur ulang.

Andalan Fresh Intimate Wash memiliki kandungan chamomile dan aloe vera yang mampu menjaga dan mempertahankan kelembaban. Tambahan milk extract bisa melembutkan dan mencerahkan area kewanitaan. Kombinasi bahan alami ini dan prebiotic, bekerja untuk melindungi dan menjaga kebersihan area kewanitaan secara maksimal. Andalan Fresh Intimate Wash memberikan kenyamanan dan kesegaran area kewanitaan.

Andalan Natural White Intimate Wash diformulasi khusus dengan prebiotic dan bahan alami white lilly, ekstrak sirih, chamomile dan aloe vera serta lactic acid untuk merawat area Miss V dengan lembutĀ  serta membantu mencerahkan area kewanitaan agar tampak berseri. Dengan bahan alami yang lembut, Andalan Natural White Intimate Wash memberikan kenyamanan dan kesegaran, cocok digunakan sehari-hari dan sebelum atau setelah berhubungan.

Andalan Revitalize Intimate Wash memiliki kandungan alami manjakani yang dapat mengembalikan dan mempertahankan elastisitas dinding area kewanitaan, kandungan alami sirih sebagai anti bakteri alami, chamomile, aloe vera dan milk extract yang melembutkan dan mencerahkan area kewanitaan.

Semuanya teruji secara dermatologis dengan pH yang sesuai dari kandungan lactic acid untuk menjaga keseimbangan bakteri baik yang cocok dan lembut untuk digunakan sehari-hari. Tinggal tuangkan secukupnya pada telapak tangan lalu usapkan secara lembut pada area Miss V dari arah depan ke belakang, lalu bilas dengan air hingga bersih, kamu telah merawat Miss V dengan kandungan alami. Salam sehat dari Andalan Feminine Care.