5 Cara Efektif Cegah Gatal pada Miss V

Rasa gatal pada Miss V dapat disebabkan berbagai alasan, misalnya kebersihan tak terjaga atau pakaian dalam yang tidak menyerap keringat. Area Miss V yang menjadi gatal tentu akan membuat pergerakan Anda menjadi tidak nyaman. Lalu, apabila digaruk dapat menyebabkan iritasi yang bisa saja menimbulkan infeksi.

Penyebab terjadinya rasa gatal memang dapat disebabkan hal-hal yang sepele. Karena itu, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah rasa gatal pada area Miss V.

Mencuci pakaian dalam dengan bersih
Bagaimana cara Anda mencuci pakaian dalam? Apakah Anda telah mencucinya dengan bersih? Cucilah pakaian dalam menggunakan air bersih, tambahkan detergen khusus untuk mencuci pakaian, dengan komposisi yang ringan, tidak memiliki wangi terlalu kuat, dan tidak mengandung pewarna. Bilas pakaian dalam hingga bersih serta tidak ada lagi sisa sabun dari detergen yang menempel. Kemudian, Anda dapat menjemurnya hingga pakaian dalam benar-benar kering. Jangan simpan pakaian dalam yang belum kering ke dalam lemari Anda. Hal ini akan menimbulkan bau tidak sedap.

Menggunakan pakaian dalam berbahan katun
Pilih pakaian dalam berbahan katun untuk dipakai sehari-hari. Alasannya, bahan katun memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik dan berongga, sehingga memudahkan proses sirkulasi udara. Pakaian dalam berbahan katun akan membantu area intim Anda selalu dalam keadaan sejuk dan kering. Selain itu, sirkulasi udara yang lancar pada area Miss V akan menghindaripertumbuhan jamur. Meskipun Anda telah memakai pakaian dalam berbahan katun, penting bagi Anda untuk tidak memakainya lebih dari 12 jam. Rutinlah menggantinya agar kebersihan di area intim selalu terjaga.

Menjaga kebersihan area Miss V
Anda memang tidak disarankan untuk membersihkan bagian dalam Miss V, namun Anda dapat membersihkan bagian luar dari area tersebut. Gunakan air bersih maupun sabun khusus area kewanitaan dengan pH di bawah 7. Selain itu, penting bagi Anda untuk menjaga area intim ini untuk selalu kering. Miss V yang lembap dapat menimbulkan gatal hingga jamur. Kedua hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.
Bersihkan Miss V dengan cara yang benar
Mandilah setidaknya 2 kali dalam satu hari. Manfaatnya, selain dapat memberikan kesegaran, Anda juga dapat membersihkan seluruh tubuh secara menyeluruh. Ketika Anda membersihkan Miss V saat mandi, pastikan membasuhnya dengan benar. Cara yang benar dalam membasuh Miss V adalah dari arah vagina menuju anus, jangan lakukan cara sebaliknya. Cara ini dilakukan untuk menghindari adanya perpindahan bakteri yang ada di anus menuju vagina. Saat sedang mengalami menstruasi, Anda dapat mengganti pembalut setelah digunakan 4 hingga 6 jam sekali. Pergantian pembalut secara rutin akan mencegah tumbuhnya mikroorganisme pada Miss V dan timbulnya rasa tidak nyaman.

Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik
Ada banyak makanan yang mengandung probiotik, seperti yoghurt, kimchi dan tempe. Probiotik adalah mikroorganisme yang membantu menjaga kesehatan pencernaan pada tubuh. Biasanya probiotik memiliki bentuk seperti bakteri baik, ragi atau fungi. Fungsi probiotik pada organ intim wanita adalah untuk membantu menjaga keseimbangan pH, serta membantu mencegah timbulnya jamur dan infeksi. Jamur pada Miss V dapat menyebabkan rasa gatal serta bahaya infeksi. Anda dapat menambahkan makanan atau suplemen yang mengandung probiotik pada makanan yang biasa dikonsumsi. Selain membuat tubuh sehat, Miss V pun ikut merasakan manfaat dari probiotik ini.

Untuk mencegah rasa gatal pada Miss V, gunakan sabun khusus organ intim wanita yang memilih pH di bawah 7. Anda dapat menggunakan Andalan Feminine Care, dengan keseimbangan pH 3.5 – 4.9. Andalan Feminine Care juga memiliki kandungan sirih sebagai antibakteri alami. Produk ini akan membantu menjaga kebersihan dan kesegaran pada area Miss V.