4 Penyebab Miss V Gatal dan Trik Mengatasinya

Meski pernah dialami oleh hampir semua wanita, tapi rasa gatal di area Miss V akan selalu terasa sangat mengganggu. Kita tidak bisa beraktivitas dengan nyaman ketika disiksa rasa gatal di area kewanitaan. Apa sebenarnya yang membuat Miss V gatal dan bagaimana mengatasinya? Ini dia jawabannya!

Ada banyak penyebab yang membuat Miss V gatal. Mulai dari yang berat seperti penyakit seksual menular hingga yang ringan seperti alergi atau perubahan hormon. Setidaknya ada empat penyebab yang biasanya membuat Miss V ada terasa gatal, yaitu:

Bacterial Vaginosis

Bacterial vaginosis merupakan keadaan ketika terjadi pertumbuhan bakteri yang berlebihan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan pH di organ kewanitaan. Biasanya hal ini diawali dengan kebiasaan menyemprotkan cairan pembersih ke area kewanitaan.

Rasa gatal pada Miss V bukan satu-satunya gejala bacterial vaginosis. Rasa gatal ini juga biasanya diikuti dengan keputihan yang berbau. Kalau ini yang Anda alami, hal yang bisa dilakukan adalah memeriksakan diri ke dokter. Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik oral ataupun gel.

Namun, di samping itu Anda juga bisa menggunakan produk khusus pembersih kewanitaan yang mengandung prebiotik, seperti Andalan Feminine Care. Prebiotik berfungsi mengendalikan jumlah bakteri baik di area kewanitaan. Bakteri baik bisa tumbuh seimbang pada level pH 3.5-4.9. Untuk mendapatkan keseimbangan level pH tersebut, pembersihan dengan air dan sabun biasa tidak cukup. Dengan sabun pembersih khusus area kewanitaan yang mengandung prebiotik, tak hanya dapat mengendalikan bakteri baik di area kewanitaan namun juga aman untuk digunakan setiap hari.

Infeksi jamur

Salah satu gejala terjadinya infeksi jamur adalah timbulnya keputihan yang bentuknya menyerupai keju lunak. Bila ini terjadi, sebaiknya konsultasi dengan dokter. Selain itu, Anda juga bisa mencoba mengkonsumsi greek yogurt untuk membantu menyeimbangkan bakteri baik
Alternatif lain adalah membersihkan dengan rebusan daun sirih. Tapi pastikan Anda telah membersihkannya secara higienis. Untuk cara lebih praktis, infeksi jamur bisa kamu kendalikan dengan sabun pembersih yang mengandung sirih sebagai antibakteri alami. Sirih adalah salah satu kandungan utama pada produk Andalan Feminine Care Intimate Wash, khususnya varian Fresh Intimate Wash di mana kandungan antibakterinya lebih tinggi.

Reaksi alergi

Rasa gatal pada Miss V juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi terhadap zat-zat tertentu, seperti pewangi pakaian, tisu yang mengandung pewangi, sabun, pembalut, atau bisa juga akibat kulit area kewanitaan yang kering akibat waxing, cukur, ataupun ketidak cocokan dengan sabun mandi.

Bila mengalami gatal pada organ kewanitaan tanpa disertai gejala lain, Anda patut curiga rasa gatal tersebut disebabkan oleh reaksi alergi. Untuk mengatasi hal ini hentikan penggunaan semua hal yang Anda pikir menjadi biang masalah.

Untuk mengatasi rasa gatalnya, Anda bisa mencoba menggunakan Epsom salt bath atau mengoleskan krim dari bahan alami pada bagian yang gatal, contohnya seperti kandungan aloe vera/chamomile yang berfungsi untuk memperbaiki hidrasi kulit area kewanitaan. Pastikan untuk selalu membersihkan area V dengan sabun yang lembut dan memiliki pH yang sesuai. Andalan Feminine Care dirancang untuk membersihkan area kewanitaan tanpa menimbulkan iritasi dan memiliki pH yang sesuai sehingga dapat menjaga keseimbangan flora di organ kewanitaan kita.

Namun, bila rasa gatal tidak juga hilang, sebaiknya Anda segera membuat janji temu dengan dokter.

Perubahan hormon

Perubahan hormon pada wanita bisa menyebabkan vagina kering dan gatal. Perubahan hormon ini selalu terjadi di setiap tahap kehidupan wanita, dari mulai menstruasi, aktivitas padat, stress, masa kehamilan dan post-partum, hingga menopause. Dokter biasanya akan meresepkan krim yang mengandung estrogen. Namun, Anda bisa mencoba melembabkan Miss V dengan minyak alami, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Untuk menjaga kelembapan Miss V, Andalan Feminine Care dilengkapi dengan kandungan aloe vera, chamomile, serta ekstrak susu yang berfungsi menjaga kelembapan di area kewanitaan.

Nah, saat gatal menyerang, jangan panik lagi, ya. Rawat area kewanitaan Anda dengan Andalan Feminine Care dan jadikan andalan di setiap momen.

Health Info

4 Tanda Vagina Sehat, Wanita Wajib Tahu!

Ketika berbicara tentang kesehatan organ reproduksi, kebanyakan orang berbicara tentang apa yang tidak normal, bukan sebaliknya. Hal ini membuat Anda meresahkan tentang apa yang salah. Agar hati lebih tenang, coba simak tanda-tanda organ reproduksi yang sehat.

Read More »
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp