5 Cara Mudah Jaga Kesehatan Vagina Saat Menstruasi

Jangan sampai menyesal di kemudian hari!

Lemas, pusing, serta rasa tidak nyaman kerap mengikuti saat menstruasi. Meski cukup sering mengganti pembalut, nih, pikiran tentang ‘nembus’ dan ‘kotor’ ternyata tidak bisa dihindari. Padahal menstruasi adalah siklus normal bulanan yang berhubungan dengan kesuburan perempuan. Ribet iya, tetapi bukan kotor yang menjijikkan.

Ingin meminimalisasi rasa kotor? Mulailah dengan jaga kesehatan vagina saat menstruasi. Betul, organ intim kita cenderung lebih sensitif saat ‘berdarah’. Apabila tidak dijaga kebersihannya bisa jadi muncul masalah kesehatan yang serius! Berikut 5 cara mudahnya…

1/ Rutin mengganti pembalut
Tidak peduli seberapa banyak daya tampung pembalut yang Anda pakai, nih, tetap saja harus diganti 4-6 jam sekali atau minimal 5 kali dalam sehari. Apalagi di hari-hari pertama saat darah menstruasi sedang deras-derasnya. Selain untuk mencegah ‘kebocoran’, rutin mengganti pembalut mengurangi risiko gatal maupun infeksi pada Miss V akibat keringat atau tingkat kelembapan tinggi di area bawah sana.

2/ Jaga keseimbangan pH Miss V
Mungkin banyak di antara kita yang menggunakan cairan pembersih agar terbebas dari perasaan ‘kotor’. Yang harus diingat, nih, proses luruhnya lapisan dari dinding rahim karena tidak ada pembuahan sel telur melalui uterus dan vagina sama sekali tidak kotor, ya!

Cairan pembersih dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan bakteri baik Miss V karena pada saat menstruasi kadar hormon estrogen menurun drastis. Apabila tidak dijaga maka dapat menimbulkan rasa gatal, tuh.

Untuk mengatasinya kamu bisa memilih pembersih kewanitaan Andalan Feminine Care – Fresh Intimate Wash yang memberikan proteksi maksimal dan kesegaran sepanjang hari. Produk natural feminine care untuk wanita modern ini diformulasi khusus dengan prebiotik dan kombinasi bahan alami yang teruji secara klinis. Siap memberikan perlindungan lembut untuk rasa segar, bersih, dan nyaman sehingga aman dan cocok digunakan sehari-hari.

Selain melindungi Miss V dari bau tak sedap, Andalan Fresh Intimate Wash juga mampu menjaga kesimbangan bakteri baik dan level pH. Selamat tinggal iritasi, rasa gatal, maupun infeksi vagina. Sekarang hanya ada kesegaran alami, nyaman sepanjang hari!

3/ Cegah ruam di lipatan paha
Tingkat kelembapan yang tinggi kadang membuat lipatan paha bergesekan dengan ‘sayap’ pembalut maupun celana dalam. Oleh karena itu, penting menjaga area di sekitar organ intim tetap kering selama menstruasi. Gunakan tisu untuk mengeringkan area Miss V dan lipatan paha sebelum memakai pembalut baru. Apabila sudah telanjur muncul ruam merah dan perih, kamu bisa menggunakan lotion maupun minyak zaitun/kelapa pada lipatan paha.

Selalu sedia pula celana dalam cadangan yang bersih di dalam tas agar bisa menggantinya bila diperlukan sewaktu-waktu. Tidak ada perubahan? Konsultasi ke dokter demi jaga kesehatan vagina saat menstruasi.

Tips tambahan, seringkali kita mengalami berbagai ketidaknyamanan pada tubuh kita saat menstruasi. Mandi air hangat dapat mengatasi kram pada bagian perut dan sakit punggung yang muncul saat menstruasi. Dijamin Anda akan kembali merasa fresh setelahnya!