Hindari 5 Kebiasaan yang membuat Aroma Miss V Tidak Sedap

Setiap wanita biasanya mempunyai aroma vagina yang khas dan berbeda. Ini merupakan proses alami yang terjadi pada setiap wanita, seperti siklus menstruasi, masa kehamilan, atau pengaruh hormonal penggunaan pil atau alat KB.
Problem yang sering terjadi adalah bau tak sedap pada Miss V. Ini terjadi karena keputihan atau infeksi bakteri. Berdasarkan data dari Kementrian Kesehatan tahun 2014, 75% wanita Indonesia pernah mengalami keputihan karenaa faktor udara lembab.
Nah, berikut 5 macam kebiasaan yang menyebabkan aroma Miss V tidak sedap, misalnya:
Memakai Celana Dalam Ketat
Pemakaian celana dalam yang ketat membuat sering terjadi gesekan pada kain. Hal ini membuat kulit luar Miss V menjadi iritasi. Celana dalam yang ketat juga membuat pori-pori kulit pada area Miss V menjadi sulit bernafas, mudah berkeringat dan lembab. Kondisi ini memudahkan bakteri dan jamur berkembang biak dan pada jangka panjang akan menyebabkan keputihan, infeksi saluran kelamin, iritasi dan bau tidak sedap. Sebaiknya, pakailah celana dalam yang nyaman, jangan terlalu ketat, apalagi celana dalam jenis thong yang hanya berupa tali-tali di bagian bokong. Perhatikan pula bahan kain celana dalam Anda. Hindari pemakaian bahan nylon, polyester, lycra, sutera dan bahan yang tidak dapat menyerap keringat. Bahan katun sangat direkomendasikan karena mampu menyerap keringat dan nyaman dipakai.

Salah Membersihkan Miss V
Membersihkan area Miss V yang benar adalah dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Jika terbalik, bakteri yang ada dari area anus akan mudah masuk ke Miss V. Jika bakteri tersebut bersarang di Miss V, bukan tidak mungkin menyebabkan bau tak sedap. Cara membersihkannya adalah membasuhnya dengan air bersih, gunakan sabun kewanitaan yang aman dan alami seperti Andalan Feminine Care, menepuk-nepuk pelan dan jangan menggosoknya. Setelah dibersihkan, jangan lupa segera dikeringkan dengan handuk bersih dan memakai celana dalam kering. Jikalau harus mengeringkan dengan tissue toilet, pastikan tidak ada tissue yang tertinggal karena bisa membuat iritasi dan keputihan.

Jarang Ganti Pembalut Saat Menstruasi
Saat menstruasi, Anda perlu lebih ekstra perhatian pada kebersihan area vagina. Gantilah pembalut Anda sekitar 4-6 jam sekali dan bersihkan saat akan menggunakan pembalut yang baru. Hal ini untuk mencegah kondisi lembab pada area Miss V. Kondisi lembab, keringat bercampur darah menstruasi dapat merupakan rumah yang nyaman bagi jamur. Ini akan menyebabkan infeksi vagina dan ruam kulit. Tidak mau kan hal ini terjadi?

Memakai Pakaian Renang Basah dalam Waktu Lama
Umumnya, kolam renang mengandung klorin yang berfungsi membunuh bakteri. Sayangnya, jika Anda tetap memakai pakaian renang ketika sudah selesai berenang, sisa klorin yang menempel pada pakaian renang akan membunuh bakteri baik di vagina Anda. Jika ini hal ini menjadi kebiasaan, maka tersisa bakteri jahat yang menyebabkan bau tak sedap di Miss V. Selepas berenang, segera mandi menggunakan sabun dan gantilah menggunakan pakaian bersih dan kering. Ini juga bisa terjadi saat Anda terlalu lama memakai celana olahraga dan berkeringat.

Pilihan Fashion dan Cara Duduk
Celana ketat, seperti skinny jeans juga bisa menyebabkan aroma tidak sedap. Aliran udara yang terlalu sedikit membuat area Miss V seperti sulit bernapas sehingga berkeringat. Celana katun yang longgar adalah pilihan yang baik. Tetapi Anda juga tidak disarankan terlalu lama duduk dengan posisi kaki terlipat. Area vagina akan lembab dan berkeringat serta mengundang bakteri

Untuk menghindari kondisi lembab pada Miss V, hal paling utama adalah dengan mengeringkannya setelah biang air kecil dan besar. Pastikan benar-benar kering dengan toilet paper. Anda juga tidak boleh menyisakan serpihan atau gumpalan kecil kecil, karena bisa mengakibatkan iritasi dan keputihan.

Ganti celana dalam yang bersih minimal 2 kali sehari. Anda juga dapat menggunakan sabun kewanitaan yang alami dan aman dipakai sehari-hari, seperti Andalan Fresh Intimate Wash. Kandungan prebiotik, sodium lactate, lactic acid, sirih serta aloe vera akan menjaga kebersihan dan melindungi area Miss V Anda dari bau tak sedap.