5 Cara Memilih Pembersih Kewanitaan yang Aman Tanpa Efek Samping

Setidaknya ada lima cara untuk memilih produk pembersih kewanitaan yang aman tanpa efek samping. Kalau mengikuti syarat ini, Anda akan menemukan produk yang diinginkan dan aman. Ini langkahnya:

  • Cek nilai pH 

Ketika memilih pembersih kewanitaan, selalu cek nilai pH produk tersebut. PH produk pembersih kewanitaan yang terbaik adalah di kisaran angka 3,5-4,9. Dengan nilai pH di kisaran tersebut, pembersih kewanitaan dapat membantu mempertahankan tingkat keasaman alami area V kita. Perubahan nilai pH alami dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti infeksi bakteri dan jamur. 

  • Pastikan mengandung bahan alami

Area V merupakan salah satu area di tubuh yang sangat sensitif. Bahan-bahan kimia keras sangat mungkin dapat menyebabkan iritasi di area V, apalagi kalau Anda memang memiliki kulit yang sensitif. Jadi, yang paling baik tentu memilih produk yang mengandung bahan-bahan alami, seperti daun sirih yang berfungsi sebagai anti-bakteri alami. Sejak zaman dulu, daun sirih memang dipercaya dapat menyembuhkan keputihan dan membersihkan Miss V agar kesat dan wangi. Kandungan chamomile & aloe vera juga penting untuk mengamankan kulit.

  • Jauhi produk dengan bau menyengat

Anda mungkin senang memilih produk yang mempunyai wangi yang kuat. Sayangnya hal tersebut tidak bisa diterapkan ketika memilih produk pembersih kewanitaan. Anda justru harus menjauhi produk pembersih kewanitaan yang memiliki wangi menyengat. 

Sebisa mungkin pilihlah pembersih kewanitaan yang tidak mengandung pewangi. karena kandungan parfum justru dapat menyebabkan iritasi pada area V.

  • Cari yang mengandung prebiotik. 

Ada alasan mengapa Cleopatra senang berendam dalam sour milk. Itu karena terdapat kandungan lactic acid dalam sour milk. Lactic acid sangat dikenal sebagai kandungan yang dapat membersihkan vagina dengan lembut sekaligus membantu mempertahankan keseimbangan pH di area V. 

Namun lactic acid saja tidak cukup. Pembersih pilihan Anda juga harus mengandung prebiotik agar dapat memberikan proteksi bagi Miss V dari serangan bakteri dan jamur. Jadi, pastikan pembersih kewanitaan Anda mengandung lactic acid dan prebiotik ya.  

  • Pilih yang mengandung gliserin

Kandungan gliserin dalam produk pembersih kewanitaan dapat membantu menjaga kelembaban di sekitar area V Anda. Jadi, kalau area sekitar organ kewanitaan kering, maka produk yang mengandung gliserin dapat membantu mengatasi masalah tersebut. 

Dari lima cara di atas, Andalan Feminine Care adalah produk yang memenuhi seluruh kriteria. Produk ini memiliki pH seimbang dan mengandung prebiotik dan lactic acid untuk memelihara kebersihan area kewanitaan Anda. 

Andalan Feminine Care adalah pembersih kewanitaan yang aman tanpa efek samping, juga karena kandungan aloe vera, chamomile dan ekstra susunya mampu melembabkan serta menenangkan kulit di area Miss V.