4 Tanda Vagina Sehat, Wanita Wajib Tahu!

Hal ini membuat Anda meresahkan tentang apa yang salah. Agar hati lebih tenang, coba simak tanda-tanda organ reproduksi yang sehat. Setidaknya ada 4 tanda vagina sehat yang setiap wanita wajib tahu, yaitu:

  • Tidak gatal

Memang tidak ada manual tentang kesehatan vagina, tapi salah satu tanda Miss V sehat adalah bila tidak ada hal yang membuat Anda merasa terganggu di bawah sana. Apabila Anda tidak merasa gatal, itu salah satu tanda vagina Anda dalam keadaan sehat. 

Untuk menjaga kesehatan vagina, Anda perlu secara teratur membersihkannya dengan air hangat dan sabun yang lembut. Rasa gatal bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon atau perubahan tingkat keasaman yang bisa menyebabkan mudahnya terjadi infeksi bakteri dan jamur. 

Untuk itu penting memilih sabun yang dapat mempertahankan tingkat keasaman vagina. Sabun dengan konsep prebiotik yang terdiri dari lactic acid, sodium lactate, dan salicylic acid seperti yang ada dalam Andalan Fresh Intimate Wash bisa menjadi pilihan Anda. Ketiga kandungan tersebut dapat menjaga tingkat keasaman vagina yang akan mencegah terjadinya infeksi bakteri dan jamur. 

  • Cairan yang keluar dalam jumlah dan bau yang wajar

Vagina Anda akan mengeluarkan cairan dari waktu ke waktu, dan hal itu sangat normal. Itu mekanisme vagina Anda membersihkan dirinya. Selama jumlah, warna, dan baunya wajar maka itu tanda vagina Anda dalam kondisi sehat. 

Volume yang wajar bisa berbeda-beda pada tiap orang. Tapi selama tidak ada rasa gatal serta warna atau bau yang berbeda dari biasanya, Anda tidak perlu khawatir. 

  • Tidak ada tanda iritasi

Vagina yang sehat akan tampak bersih tanpa bercak atau tanda iritasi yang tampak kemerahan. Bila vagina Anda tampak seperti ini, itu tandanya Miss V Anda sehat. 

Iritasi bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari bakteri hingga alergi. Untuk itu, Anda sangat disarankan untuk memilih pakaian dalam dari bahan katun yang lembut serta sabun yang juga mengandung bahan alami tanpa bahan kimia berbahaya. 

Andalan Intimate Wash menggunakan bahan alami tanpa kandungan kimia berbahaya. Sabun ini juga mengandung ekstrak susu yang dapat melembutkan serta menjaga kulit sekitar area intim agar tidak kering. Di dalamnya juga terdapat aloe vera dan chamomile yang dapat menenangkan serta melembabkan kulit.   

  • Berbau normal

Vagina yang mengeluarkan aroma pada dasarnya adalah hal yang normal. Selama baunya wajar dan tidak ada bau menyengat seperti aroma amis atau sejenisnya, Anda bisa lega karena itu salah satu tanda vagina sehat. 

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan vagina mengeluarkan aroma menyengat, mulai dari perubahan hormon, makanan atau minuman yang Anda konsumsi hingga infeksi bakteri. Untuk itu Anda perlu menjauhi stres yang dapat mengganggu keseimbangan hormon serta menjaga asupan makanan. 

Anda juga bisa memilih sabun yang mengandung antiseptik alami. Andalan Intimate Wash mengandung antiseptik alami dari ekstrak sirih yang telah terbukti secara klinis dapat menangkal bakteri dan jamur.   

Setelah mengetahui 4 tanda vagina sehat, Anda dapat merasa lebih tenang tanpa rasa was-was lagi ya.