Begini Seharusnya Anda Membersihkan Organ Kewanitaan

Organ kewanitaan merupakan bagian tubuh perempuan yang sangat sensitif dan memerlukan perawatan yang seksama. Bagaimana cara yang benar untuk membersihkan organ kewanitaan kita?

Organ kewanitaan bukan topik yang sering dibicarakan, bahkan di antara sesama perempuan sekalipun. Perempuan umumnya menyimpan sendiri keluhan dan pertanyaannya dan memilih mencari jawabannya diam-diam. Ada yang membersihkannya sepintas lalu, ada juga yang menggunakan berbagai cara untuk membersihkannya, termasuk menggunakan parfum agar wangi. Tapi benarkah hal tersebut? Begini seharusnya Anda membersihkan organ kewanitaan:

Menjaga pH alami vagina

Hal pertama yang Anda perlu tahu adalah vagina memiliki sifat asam dengan pH antara 3,5 hingga 4,5. Mengapa demikian? Tingkat keasaman ini secara alami akan mencegah masuknya bakteri jahat. Ketika tingkat pH natural ini terganggu, bisa muncul berbagai masalah, mulai dari menguarnya aroma tak sedap hingga timbulnya infeksi, seperti infeksi jamur dan bakteri.

Memasukkan apapun ke dalam vagina dengan sendirinya akan mengganggu pH alami vagina Anda. Jadi, sebaiknya memang tidak menggunakan atau memasukkan apapun ke dalam vagina. Bagian yang mungkin perlu Anda bersihkan adalah bagian luar vagina.

Bersihkan dengan air

Untuk bagian luar organ kewanitaan Anda, membersihkan dengan air adalah yang terbaik. Bersihkan bagian luar organ kewanitaan Anda menggunakan air hangat dan sabun lembut yang tidak mengandung pewarna dan pewangi. Hal ini untuk mencegah timbulnya reaksi alergi.

Para ahli menyarankan, kalau Anda ingin menggunakan sabun, selalu gunakan sabun tanpa bahan pewangi, karena sabun yang mengandung pewangi dapat mengganggu keseimbangan pH vagina Anda. Hanya bersihkan bagian luar vagina, bukan bagian dalamnya.

Bersihkan organ kewanitaan Anda dengan mengusap lembut menggunakan tangan. Jangan pernah menggosoknya dengan spons atau menggunakan scrub. Hal tersebut dapat menimbulkan iritasi pada bagian luar organ kewanitaan Anda.

Mengeringkan vagina dengan seksama

Setelah membersihkan organ kewanitaan Anda, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik. Sebaiknya tepuk-tepuk area sekitar organ intim menggunakan handuk lembut hingga kering. Sebaiknya tidak mengeringkannya dengan menggosok. Perhatikan pula arah gerakan ketika mengeringkan. Pastikan arahnya dari depan ke belakang, bukan sebaliknya.

Untuk memastikan organ intim Anda selalu sehat, meski kesibukan Anda sangat padat, percayakanlah Andalan di setiap momen. Kesegaran alami, nyaman sepanjang hari dapat Anda peroleh dari Andalan, karena mengandung bahan aktif alami yang membantu menjaga keseimbangan level PH area V dengan kandungan prebiotik untuk perlindungan lembut.